Minggu, 17 November 2013

Arti Penting Olahraga

Olahraga? Apa itu olahraga sebenarnya? Menurut saya olahraga adalah suatu kegiatan menggerakan bagian-bagian tubuh yang bertujuan mengeluarkan zat-zat beracun dari dalam tubuh (keringat). Dari kesimpulan di atas, pasti timbul pertanyaan “Jadi, mengeluarkan keringat itu olahraga?” jawabannya “Iya”, yang penting ada bagian tubuh yang bergerak. Selain mengeluarkan keringat, olahraga juga memiliki beberapa manfaat penting bagi kehidupan sehari-hari.
                Di artikel ini saya akan membahas beberapa manfaat olahraga yang sangat berguna bagi kehidupan dan mungkin bisa dijadikan gaya hidup. Olahraga itu tidak selalu membutuhkan alat, bahkan lompat 20 kali sehari itu juga sudah termasuk olahraga, simple bukan? Baiklah sekarang mari kita lihat beberapa manfaar ber-olahraga.
1.       Mengurangi Stress
Hidup ini penuh dengan pekerjaan dan tugas-tugas, untuk waktu luang atau “refreshing” sebaiknya melakukan olahraga ringan, karena menurut pengalaman saya, olahraga dapat membuat otak dan pikiran menjadi plong, dan menjadi lebih bebas. Contohnya adalah bersepeda, jogging dan berenang. Memang ketiga olahraga ini membutuhkan sedikit modal, tetapi pasti sebanding dengan apa yang kita dapatkan setelah menggali kocek.
2.       Meningkatkan Daya Tahan atau Imun Tubuh
Sambil mengurangi stress, olahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bagaimana tidak? Keringat yang kita keluarkan itu mengandung kuman dan penyakit yang dapat merusak tubuh jika tidak dikeluarkan, apa bisa kalian bayangkan? Ada orang yang 2 bulan tidak mengeluarkan keringat? Pasti sangat berbahaya, karena itu sama saja menampung penyakit di dalam tubuh. Jadi, tetaplah berolahraga minimal 1 kali seminggu.
3.       Menurunkan Kolesterol & Kalori
Manfaat yang lain adalah menurunkan kadar kolesterol dan kalori, olahraga dapat membuat tubuh mencapai kebentuk idealnya. Untuk wanita, pasti ingin tampil ramping di depan kaum Adam, tubuh yang langsing bahkan menjadikan wanita seperti mahkluk terindah. Tetapi pria tahu, wanita mana yang “langsing” dan mana yang “kurus”, oleh sebab itu olahraga-lah dan dapatkan sedikit otot untuk membentuk tubuh menjadi terlihat ideal. Untuk pria, pasti juga mau mendapatkan tubuh berotot dan terlihat “macho” benarkan? Jadi, olahraga-lah dan membakar lemak yang ditukar menjadi otot yang padat dan kuat.
Jadi, itulah sebagian manfaat olahraga yang berguna bagi kehidupan sehari-hari. Salam olahraga dari saya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar