Minggu, 17 November 2013

Manfaat Pemanasan Sebelum Kegiatan Olahraga

                Olahraga memang menyenangkan, tetapi di samping itu, olahraga juga memerlukan peregangan agar otot tidak tegang atau terjadinya kram saat kegiatan olahraga. Olahraga memang kegiatan yang menyenangkan, tetapi akan menjadi kegiatan paling menyedihkan jika sampai mengakibatkan cidera, tujuannya untuk menyehatkan malah menjadi memperburuk fisik. Jadi, di sini saya akan membahas tentang beberapa manfaat pemanasan atau peregangan sebelum memulai olahraga.

1.    Mengalirkan energi menuju otot
Gerakan-gerakan pemanasan yang simple dan mudah dilakukan bahkan dapat mentransfer nutrisi dan energi kedalam otot dan memperlancar peredaran darah. Selain itu, dapat membuat otot otot menjadi terbiasa dan mencegah kram
2.       Mempercepat detak jantung
Mempercepat detak jantung memang sesuatu yang terlihat sama sekali tidak penting, tetapi di balik itu, jika tidak pemanasan, jantung akan tidak terbiasa dan mengakibatkan detakan jantung yang tidak stabil dan jangan kaget apabila orang yang tidak melakukan pemanasan dapat pingsan tiba-tiba karena detak jantung yang tidak tidak teratur
3.       Membuat badan terasa hangat
Badan yang terasa hangat dapat membuat otot lebih bertenaga dan dapat mengeluarkan performa terbaik saat melakukan olahraga. Selain itu dapat berguna membuat otot menjadi leluasa dan tidak kaku saat digunakan.

Jadi, itulah beberapa manfaat dari pemanasan atau peregangan sebelum melakukan kegiatan olahraga. Salam Olahraga dari saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar